Iseng ^_^

           Menghafal adalah sesuatu yang menyebalkan.  Yah, harus mengingat sesuatu  secara mendetail itu terkadang menyusahkan. Apalagi jika berkaitan dengan pelajaran atau nilai. Pelajaran yang kebanyakan menggunakan materi hafalan biasanya berada di lingkup ilmu sosial. Misalnya Sejarah. Pelajaran ini di kurikulum sekolah adalah materi yang kebanyakan membutuhkan daya ingat yang luar biasa karena berhubungan dengan masa lampau. Salah satu solusi yang kerap dipakai adalah dengan menghafal. Meskipun momen ini jelas akan membuat kepala pusing, mual2 dan ujung pangkalnya jadi ngantuuuk banget. <lebay.com>. maka tidak heran jika banyak pelajar yang “kurang suka” dengan pelajaran ini. Ada sih yang suka tapi mereka menganggapnya hanya sebagai dongeng pengantar tidur ^_^.
          Sebenarnya sejarah tidak harus dihafal, ada banyak cara agar sejarah menjadi  menjadi sesuatu yang menyenangkan. Atau minimal ada yang mau ndengerin ketika kita menyampaikan materi.  Ini sekedar sebuah saran bagi saya, yang pernah diajar dan mengajar sejarah. 
          Sejarah itu bukan hafalan tapi pemahaman. Pemahaman bisa didapat setelah dibaca. Jadi jangan pernah menghafal  materi tapi bacalah berulang  - ulang. Cintailah membaca.  Minimal sebelum materi diujikan, baca lah 3 kali. Angka ini bukan sesuatu yang mutlak, hanya sebuah alternatif. Dengan membacanya berulang kali, setidaknya akan ada materi yang bisa kita tangkap.(>_<, kayak bola aja ditangkap).
         Selain dengan membaca, juga dengan menjadikan hobi sebagai cara untuk belajar. Kebetulan penulis memiliki hobi suka nonton bola, bukan sekedar nonton tapi juga mulai menghafal  nama klub – klub nya dan once again membaca berita tentang bola. Ternyata sepakbola juga memberi manfaat dalam pembelajaran ilmu sosial. Setidaknya bisa menghafal nama kota – kota di berbagai penjuru dunia, mengetahui sejumlah kultur budaya yang berkembang di penjuru dunia.
        Kebetulan penulis bukan sekedar suka bola tapi juga suka membaca berita yang berkaitan dengan berbagai cabang olahraga. Cuma suka baca doang, males banget buat mainnya. Hobi ini jujur sangat membantu dalam hal pengetahuan sosial.
Semoga saran ini bisa bermanfaat amiiin >.<

Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya