BALLARAT


            Ballarat. Nama ini pertama kali penulis kenal dari salah satu cerita dalam Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle yang berjudul  THE BOSCOMBE VALLEY MYSTERY.Dalam cerita ini dikisahkan tentang seseorang yang sempat merantau di Ballarat, menemukan emas, kemudian kembali ke Inggris, namun tewas terbunuh. Di manakah Ballarat?


           Ballarat adalah nama sebuah kota benua Australia. Kota ini terletak di Australia bagian selatan.  Keberadaan warga Inggris di kota ini tidak lepas dari sejarah Australia. Australia memang merupakan wilayah baru yang dianggap akan memberikan harapan pada Inggris. Benua terkecil di dunia ini tercatat dipetakan oleh James Cook , pelaut Inggris ini pada tahun 1770. Meskipun fakta sejarah menunjukkan jika benua ini / lebih tepatnya pesisir pantainya telah berinteraksi dengan suku bangsa Bugis. Pada perkembangan selanjutnya, Australia berada di bawah kekuasaan Inggris. 

           Kemunculan nama Ballarat tidak lepas dari penemuan emas. Penemuan emas di wilayah ini terjadi di pada Agustus 1851. Penemuan ini pula yang kemudian menjadikan wilayah ini semakin berkembang, sehingga muncullah kota Ballarat. Pada bulan September 1851, tidak kurang dari 1.000 penambang menggali emas di kawasan ini. Kemudian pada tahun 1853 lebih dari 20.000 penambang dari berbagai negara ikut serta dalam pencarian emas di Ballarat.

           Faktanya kawasan ini menghasilkan emas yang cukup banyak. Maka tidak heran pada masa kejayaan (penambangan emas) tahun 1868, di Ballarat terdapat 300 perusahaan yang bergerak di bidang penambangan emas. Populasi penduduknya mencapai 64.000 orang. Namun 2 tahun kemudian, terjadi resesi ekonomi yang mengakibatkan industri pertambangan dan sejumlah perusahaan mengalami kegagalan.




            Resesi baru berakhir ketika sejumlah industri yang (lebih) stabil menggantikan penambangan emas. Industri tersebut adalah industri di bidang pertanian. Keberadaan industri pertanian dan kegiatan pastoral di kota memerlukan pelayanan dan fasilitas perbelanjaan. Maka kemudian para pekerja pertambangan pun banyak terserap ke bisnis dan industri baru itu. Pada perkembangan selanjutnya, tambang emas terakhir di Ballarat terakhir ditutup pada tahun 1918.
            Selain keberadaan tambang emas, Ballarat juga menyimpan cerita yang menarik. Di daerah ini sempat terjadi pemberontakan sipil yang paling dikenal dalam sejarah Australia. Pada 3 Desember 1854 di Eureka, sejumlah penambang terlibat bentrokan dengan dengan polisi dan resimen. Dari bentrokan ini 28 orang laki – laki terbunuh, dan banyak yang terluka.
Yah, inilah sekilas uraian tentang Ballarat. Sebuah kota yang besar karena penambangan emas.

*dirangkai dari berbagai sumber

Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya