14 Februari, ada apa di Indonesia?


14 Februari, tanggal ini adalah salah merupakan tanggal yang penting. Hal ini terlihat ketika anda meng-google tanggal tersebut pasti akan muncul ribuan web yang akan membahasnya. Sama saja dengan ketika kita meng-google kata hari – hari penting di bulan Februari. Tanggal 14 Februari pasti akan muncul. Sejumlah situs menyebutkan tanggal 14 Februari dalam dua kali urutan. Nah lho, sebegitu pentingkah tanggal 14 Februari????

Sebagaimana yang sudah lazim dikenal. Tanggal 14 Februari adalah perayaan Hari Valentine. Lantas kenapa jika pada tanggal tersebut hanya dikenal sebagai hari Valentine, mengapa harus dicantumkan 2 kali dalam satu urutan?

Dua pertanyaan itu akan terjawab jika ruang lingkupnya sedikit dibatasi. Ambil lingkup yang sempit yaitu di Indonesia saja. Jangan ke mana – mana. What happened at 14 February in Indonesia?

14 Februari tepatnya pada tahun 1945 adalah hari yang penting bagi bangsa ini. Meski gaungnya tidak sekencang hari Valentine.  Pada hari itu, pasukan PETA (pembela tanah air) yang ada di Blitar melancarkan pemberontakan pada pemerintah Jepang. Dalam pelajaran sejarah, pemberontakan ini dipimpin oleh seorang Chodancho bernama Supriyadi.
Pemberontakan ini memang pada akhirnya mengalami kegagalan. Namun pemberontakan ini mampu memberi semangat kepada pejuang Indonesia pada masa itu. Bahwa pada kenyataannya  penguasa Jepang adalah figur yang bisa dilawan. Semangat ini pula yang menjiwai perjuangan bangsa Indonesia hingga mencapai proklamasi.
Maka semestinya sebagai warga negara yang baik, tanggal 14 Februari  akan diingat bukan hanya sebagai hari Valentine, tapi juga hari pemberontakan PETA di Blitar

Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya