Perang Sipil


                 Perang Sipil. Yah nama ini sangat akrab di telinga kita. Perang ini kerap dijadikan sebagai penanda waktu atau bahkan setting film. Salah satu film yang menggunakan tema ini adalah Django Unchained. Film ini mengambil setting 2 tahun sebelum perang sipil. Tepatnya pada tahun 1858. Lantas apa sih perang sipil, sehingga namanya masih kerap disebut – sebut?

                 Perang sipil adalah nama untuk sebuah perang yang terjadi pada tahun 1861 – 1865 di Amerika Serikat. Perang ini juga dikenal sebagai perang budak dan perang abolisi. Perang sipil adalah perang yang terjadi antara kelompok Utara dan Selatan (ini kerap digunakan untuk negara – negara bagian yang bertikai). Encyclopedia of Americana menjelaskan definis perang Sipil adalah Civil War in American history, the conflict between the Northern states (the Union) and the 11 Southern states that seceded from Union and were organized as the Confederate States of America.  Yep, kelompok utara dikenal sebagai Union dan kelompok selatan adalah konfederasi.
                  Perang sipil membawa sejumlah dampak. Di antaranya pada perkembangan industri, perbudakan, dan hak asasi manusia. Ensklopedi Amerika menegaskan jika the Civil War was immensenly costly in both lives and dollars. It left the South devastated. It also represented the victory of a strongly centralized federal government over the advocates of states right, brought the abolition of slavery, and spurred American industrial development.
Maka dalam peristiwa ini di kemudian hari memang selalu dikenal dalam catatan sejarah Amerika. Dan kerap muncul sebagai setting dalam sejumlah film tentunya ^_^


*nantikan tulisan selanjutnya tentang perang sipil 

Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya