Shihab dan Shihab, ngaji lewat youtube dan buku


Judul Buku: Shihab dan Shihab : Bincang Bincang Seputar Tema Populer Terkait Ajaran Islam Argumentatif, Logis, Asyik
Penulis: M. Quraish Shihab dan Najwa Shihab
Penerbit: Lentera Hati
Tebal: 259 hlm
Cetakan I: April 2019

Kajian Islam dengan gaya yang populer. Nampaknya itu yang sekarang tengah populer di Indonesia. Gaya populer di sini maksudnya adalah Bahasa yang simple dan penggunaan media sosial. Buku ini merupakan perpaduan dari keduanya. Monggo disimak reviewnya




Buku ini merupakan hasil transkripsi dari program Shihab dan Shihab di kanal Youtube dari Narasi TV. Program ini membahas beragam topik populer dan pertanyaan-pertanyaan netizen terkait ajaran Islam bersama Profesor M. Quraish Shihab (pakar tafsir kenamaan) dan putrinya Najwa Shihab (jurnalis senior pengampu program talk show popular, Mata Najwa).
Dalam buku ini, tata bahasa yang digunakan lebih ke arah dialog antara ayah dan putrinya, yaitu Abi dan Nana (demikian keduanya saling panggil). Sehingga, model dialog ini mampu membuat pembaca jadi lebih memahami topik yang dibicarakan. Kebetulan juga topik-topik yang dibahas pun memang kerap menjadi trending di kalangan netizen . Dan pertanyaan yang disampaikan pun juga berasal dari netizen. Maka menarik untuk disimak, apalagi bagi netizen yang sudah “titip pertanyaan” melalui direct message.
Topik yang dibahas pun kerap menjadi bahan perdebatan dari netizen.  Misalnya definisi jihad dalam Islam, pentingnya shalat, puasa dan haji. Kemudian wajah Islam yang ramah serta korupsi dalam perspektif Islam. Topik-topik yang ditampilkan memang cenderung simple namun masih kerap menjadi bahan perdebatan oleh netizen dari waktu ke waktu. Itulah mengapa netizen dilibatkan dalam menyumbangkan pertanyaan, sehingga membuat dialog ini semakin menarik.
Dialog ini lebih mengedepankan pemikiran yang kritis dan analisa sesuai konteks dari pertanyaan tersebut. Namun dikemas dalam bahasa yang simple, sehingga menjadikannya menarik, tidak monoton dan tidak membosankan.
Maka keseluruhan dari topik mampu terjawab dengan baik. Kemampuan Quraish Shihab menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana dan mendalam ditambah dengan keluwesan Najwa dalam menguraikan jawaban sang Abi menjadikan setiap dialog menarik untuk disimak. Itulah nilai plus dari buku ini.
Keberadaan buku ini mampu memberikan pencerahan bagi masyarakat terhadap Islam. Model penyampaian dakwah ala dialog semacam ini memang perlu dilanjutkan. Agar masyarakat yang masih awam pun bisa lebih mudah memahami materi dakwah dengan baik. Selamat membaca. Salam Literasi.
         

Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya