Apa itu medsos?


Penulis: Dr. Rulli Nasrullah, M.Si
Penerbit: Simbiosa Rekatama Media
Cetakan: Cetakan Keempat, Desember 2017
Tebal: xviii + 230 hlm


Media sosial menjadi sebuah sarana favorit dalam berkomunikasi di Indonesia. Penggunanya meliputi berbagai usia.  Namun tulisan yang sifatnya ilmiah (baca: buku) mengenai media sosial bisa dikatakan masih jarang dijumpai. Buku ini salah satunya. Berikut reviewnya:
Buku ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh akademisi Indonesia, yang secara khusus membahas tentang media sosial, baik secara teori maupun praktik. Subtansi dari buku ini adalah definisi,karakteristik, jenis-jenis, implikasi media sosial, budaya digital di media sosial, serta hukum dan etika di media sosial.
Cara penyajian dengan menampilkan kata kunci pembahasan pada akhir setiap bab, membantu mempermudah pembaca dalam memahami isi buku. Selain itu penambahan data berupa sejumlah hasil survey, dan sejumlah referensi serta bagan perbandingan, menjadikan buku ini kaya akan berbagai informasi terkait media sosial.
Melalui buku ini, penulis mencoba untuk menjelaskan media sosial dari sejumlah perspektif, yaitu komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Penulis memberikan sejumlah referensi terkait definisi dari sejumlah istilah dari peneliti lain. Kemudian membuat kesimpulan dari definisi – definisi tersebut. “Definisi baru” ini memberikan pemahaman yang lebih jelas namun ringkas. Sehingga pembaca sangat terbantu. Dengan demikian terdapat sejumlah definisi “baru” yang mampu memperjelas pembaca dalam memahami aspek-aspek terkait media sosial.




Alasan penulis menulis buku ini adalah untuk menjawab aspek ontologi (hakekat pengetahuan dasar), epistimologi (bagaimana cara memperoleh pengetahuan) dan aksiologi (guna dari pengetahuan itu) dari media sosial. Ketiga aspek tersebut belum pernah dibahas buku-buku bertema media sosial yang sudah pernah terbit di Indonesia. Dengan pembahasan ketiga aspek tersebut menjadikan buku sebagai referensi yang bagus di bidang media sosial.
Penjelasan dari buku ini banyak yang bersifat deskriptif. Namun tidak jarang juga menyajikan data-data yang detail dan memerlukan sikap kritis untuk menelaahnya. Sehingga pembaca menjadi semakin tertantang untuk menyelesaikan buku ini.
Pola penulisan yang cenderung deskriptif dan analitis ini menjadikan buku ini sebuah referensi yang menarik. Buku ini mampu menjawab sejumlah pertanyaan terkait media sosial. Deskripsi dan analisis yang disampaikan mampu menambah pengetahuan bagi pembaca.
Dengan subtansi yang lebih menekankan pada ontologi, epistimologi dan aksiologi dari media sosial, maka subtansi dari buku ini tergolong baru dan fresh di Indonesia. Media Sosial benar-benar menjadi obyek pembahasan yang sangat detail. Buku ini bisa menjadi referensi yang menarik mengenai media sosial dan pernak pernik di dalamnya.
      `         


Comments

Popular posts from this blog

Karya Sastra Masa Majapahit

Cinta adalah Nol, Nol adalah awal dari segalanya